Mengapa Berdoa Agpeya Penting?

Stefanos Ian
4 min readFeb 23, 2024

--

Ruang jiwa adalah tubuh; pintunya adalah panca indera tubuh. Jiwa memasuki ruangannya ketika pikiran tidak berkelana kesana kemari, berkelana di antara benda-benda dan urusan dunia, namun tetap berada di dalam, di dalam hati kita. Indera-indera kita menjadi tertutup dan tetap tertutup ketika kita tidak membiarkannya terikat secara penuh gairah pada hal-hal indra eksternal dan dengan cara ini pikiran kita tetap bebas dari setiap keterikatan duniawi, dan melalui doa batin yang tersembunyi bersatu dengan Allah Bapa kita.

(St.Gregory Palamos)

Kita harus mulai dengan mengatakan bahwa mungkin satu-satunya orang yang mendapat manfaat dari pesan singkat ini adalah mereka yang, seperti penulis ini, lemah dalam doa. Namun hal ini hanya akan menguntungkan mereka jika, meskipun miskin dalam doa, mereka tetap berusaha setiap hari untuk bertemu Allah dalam doa. Jika seseorang berdoa dengan Agpeya secara teratur, suatu hari nanti dia mungkin akan menemukan karakteristik penting dari buku kecil yang berharga ini: fungsinya yang luar biasa dalam menopang kehidupan doa kita. Untuk saat ini, kami tidak akan menyebutnya sebagai “panduan doa” atau “buku panduan spiritual;” karena meskipun hal-hal tersebut terjadi, kami tidak ingin memusatkan perhatian pada kemampuan Agpeya dalam mengajarkan doa, melainkan melestarikannya — ini adalah “jangkar” kami dalam doa.

Alasan pertama mengapa kita memerlukan “jangkar” dengan sungguh-sungguh adalah karena energi kita untuk berdoa secara alami hilang begitu cepat seiring berjalannya waktu. Saya mungkin kembali dari Liturgi Ilahi atau khotbah pada suatu hari Minggu yang dikuatkan dan didorong untuk menjalani kehidupan doa baru yang berani. Tapi kemudian saya memulai minggu saya di tempat kerja, dan rasa lelah dan frustrasi mulai muncul; Saya menjadi terdesak waktu, terancam oleh tenggat waktu, terbebani dengan daftar “hal yang harus dilakukan” yang tak ada habisnya; dan karena itu kesibukan yang memusingkan dalam kehidupan modern membuat saya hanya memiliki sedikit kesempatan untuk berdoa dalam waktu yang tenang dan sesaat. Aku menjadi seperti kapal yang terjebak dalam arus yang gelisah sehingga para pelaut yang sibuk tidak punya waktu untuk duduk dan menikmati makanan enak.

Dan kemudian saya membuang jangkar saya … saya mengambil Agpeya saya dan tiba-tiba menemukan stabilitas. Pikiranku lelah tetapi kata-kata telah disiapkan untukku; semangatku lemah tapi doanya sudah dipenuhi Roh Allah sendiri. Dan saya tahu bahwa tidak mungkin saya bisa memanjatkan doa tulus lebih dari dua menit kepada Allah jika bukan karena Agpeya.

Terutama pada hari-hari seperti ini — hari-hari yang terburu-buru dan penuh stres — Agpeya menjadi sangat penting. Jujur saja: kita mungkin tidak akan memanjatkan doa penting apa pun kepada Allah secara teratur jika kita tidak memiliki Agpeya. Kita mungkin menjawab, “Tidak benar-saya akan berdoa Mazmur dari Alkitab saya.” Selain fakta bahwa Agpeya sendiri sebagian besar merupakan kumpulan Mazmur, patut dipertanyakan apakah kita akan melakukan hal ini. Tetapi bahkan pada hari-hari ketika saya mungkin lupa untuk berdoa atau bahkan tidak memiliki keinginan untuk berdoa — saya tahu ada buku kecil berukuran 4'x 6' yang nyaman di lemari saya yang akan membuat saya tetap pada jalurnya. Saya hanya mengambilnya dan memulai. Sekalipun doaku tergesa-gesa, meskipun aku tidak merasakan diriku naik ke surga, setidaknya aku berdoa. Setidaknya saya sedang mencoba. Setidaknya saya tidak melupakan 10–15 menit kesendirian yang diperlukan saat saya memanjatkan permohonan dan ucapan syukur (walaupun terbata-bata) kepada Tuhan.

Ada satu hal lagi. Seseorang juga tidak akan berdoa secara teratur kecuali hal itu “ditugaskan” kepadanya; yaitu, kecuali ada otoritas tertentu — seorang bapa rohani — yang memberinya “aturan” berdoa. Kedengarannya agak legalistik, tapi ini adalah fakta kehidupan spiritual-kecuali kita secara khusus disuruh (atau “diperintahkan”) untuk berdoa doa ini atau itu untuk waktu yang lama, kita secara alami akan mengabaikan doa ketika waktu dan keadaan kita terjepit dan pada akhirnya bahkan pada saat-saat santai.* Agpeya sendiri berdasarkan bentuknya adalah semacam “aturan” atau tugas yang diberikan oleh para Bapa-”Kamu harus mendoakan Mazmur dan Injil ini dalam urutan ini selama jam tertentu.” Dan kesuksesan serta rahmat doanya akan berlipat ganda ketika orang tersebut diarahkan oleh bapa rohaninya tentang cara berdoa Agpeya.

Setelah doa Agpeya selesai, barulah dimulailah doa spontan yang terpancar langsung dari hati. Orang tersebut kini menggunakan kata-katanya sendiri dengan bebas untuk mengungkapkan kepada Bapaknya semua yang ingin ia katakan secara pribadi. Tapi itulah fokus dari artikel terpisah dan penulis yang jauh lebih mampu daripada artikel ini. Kita akan mengakhirinya dengan kata-kata St Macarius dari Mesir: “Allah akan melihat pekerjaan doamu dan bahwa kamu dengan tulus ingin berhasil dalam doa-dan Dia akan memberimu doa. Karena kamu harus tahu itu, meskipun doa dilakukan dan dicapai dengan usaha sendiri memang ridha di sisi Allah, namun doa yang sesungguhnya, yang berdiam dalam hati dan terus-menerus, adalah anugerah Allah, dan merupakan anugerah Ilahi. Oleh karena itu, dalam doamu untuk segala hal, jangan lupa untuk berdoa juga tentang doa.

“Berdoalah senantiasa” (I Tes 5:17).

Sumber: Gereja Ortodoks Koptik

--

--

Stefanos Ian

A servant Subdeacon Stefanos from the Coptic Orthodox Church Yogyakarta. I am a writer, scholar, & social worker.